Upaya Melonjakkan Perekonomian di Brebes

Dewasa ini Kabupaten Brebes kerap masuk dalam daftar kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Di tengah badai kemiskinan yang mendera, Brebes terus berbenah dan melanjutkan pembangunan kawasan industri. Lokasi yang strategis dan UMR yang kompetitif merupakan keunggulan kabupaten ini. Hal ini menyebabkan beberapa tahun terakhir banyak perusahaan berdiri di sepanjang kawasan kabupaten yang identik dengan telur asin tersebut.

Kendati sejumlah perusahaan telah terbentuk, nyatanya belum cukup untuk menyerap semua tenaga kerja yang ada. Seperti yang terlihat di sosial media beberapa waktu lalu, dimana terlihat membludaknya antrian pelamar kerja di salah satu perusahaan. Saat ini jumlah para pencari kerja tak sebanding dengan jumlah pekerja yang dibutuhkan perusahaan. Oleh karena itu, pemerintah pusat  dan pemerintah daerah terus menggenjot terciptanya kawasan industri.

Munculnya pandemi membuat Kawasan Industri Brebes (KIB) mandek. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Brebes Edy Kusmartono mengatakan banyak anggaran direlokasi untuk penanganan Covid-19 dibanding pembebasan lahan. Di sisi lain, pemerintah pusat menganggap pembangunan kawasan industri di Kabupaten Batang lebih memungkinkan untuk segera dilakukan mengingat telah tersedia lahan milik PT Perkebunan Nusantara.

Belum lagi belakangan ini jumlah makelar tanah pun kian meningkat yang makin menyulitkan investor yang ingin merelokasikan pabriknya ke Indonesia. Masuknya makelar membuat harga lahan menjulang tinggi. Melambungnya harga tanah akan mengancam jalannya Proyek Kawasan Industri. Pasalnya Indonesia masih harus bersaing dengan negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam dalam hal menampung perusahaan asal Amerika Serikat yang direlokasi dari China.

Jika proyek ini batal tentu akan mempengaruhi perekonomian di Brebes. Adanya kawasan industri dapat menambah kesejahteraan pekerja baik dari segi fasilitas, infrastruktur dan upah minimum. Kemudian, semakin banyak perusahaan terbentuk, semakin banyak pula tenaga kerja yang diserah sehingga jumlah pengangguran di Jawa Tengah terutama di Kabupaten Brebes akan menurun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Apa Pun Selain Hujan

Resensi Novel Selena